Kamis, 16 Februari 2012

SmartArt and Chart Tugas TIK

                                                                   Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas kehendak-Nyalah makalah ini dapat terselesaikan.
Adapun tujuan penulisan modul ini adalah Grafik  dan Diagram
Dalam penyelesaian makalah ini, tim penulis banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan dan sumber-sumber yang kurang memadai. Namun, berkat bimbingan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat diselesaikan, walaupun ternyata masih terdapat banyak kekurangan didalamnya.
Semoga dengan adanya modul  ini kita dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita tentang Grafik dan Modul . Sehingga kita semua dapat menggunakan grafik dan table ini dalam kehidupan kita sehari – hari .
Akhirnya kepada Allah SWT  jualah kelompok kami  mohon taufik dan hidayah, semoga usaha kami ini mendapat manfaat yang baik, baik bagi tim penulis maupun bagi pembaca sekalian. Serta mendapat ridho dari Allah SWT. Amin ya robbal alamin.
                                                                                                                 Sukabumi, 2 November 2011


                                                                                                                                PENULIS


DATAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi 
BAB I SmartArt
A.    SmartArt 
1.    Di Menu bar pilih Insert - Smart Art
2.    Di bagian Type your text here ketik kata
3.    Jika ingin memilih style yang lain

B.    Macam – macam SmartArt1.   
Organization Chart Tool
2.    Cycle Diagram
3.    Radial Diagram
4.    Piramid Diagram
5.    Venn Diagram
6.    Target Diagram
BAB II Grafik 
A.    Grafik
B.    Macam – Macam Grafik
1.    Grafik Kolom (Stacked Column Chart)
2.    Grafik garis (line chart)
3.    Grafik kue (pie chart)
4.    Grafik batang (bar chart)
5.    Grafik area (area chart )
6.    Grafik XY (Scatter Chart)
7.    Grafik saham (stock chart)
8.    Grafik permukaan (surface chart)
9.    Grafik donat (doughnut chart)
10.    Grafik gelembung (buble chart)
11.    Grafik radar (radar chart)
BAB III PENUTUP
    Sumber - Sumber
BAB 1
SmartArt
A.    SmartArt
Smart art adalah salah satu fitur yang menarik pada mirosoft word 2010.Dengan smart art dapat dibuat gambar-gambar artistik dengan pola- pola dan      motif   yang menarik. Dalam conth ini akan menggunakan pola panah (arrow) dengan   tambahan tombol dan tulisan (teks) yang menjadi label setiap button (tombol).
Untuk membuat gambar artistik menggunakan smart art , lakukan   langkah-langkah berikut:
1. Di Menu bar pilih Insert - Smart Art
Pada windows "Choose a smartart graphic" pilih salah satu item    yang    ada dalam contoh ini menggunakan "Process" - Pola panah
2. Di bagian Type your text here ketik kata/teks yang diinginkan, misalnya
Word , setelah selesai tekan enter untuk pindah ke teks berikutnya
Excel enter, Powerpoint enter, dst
3. Jika ingin memilih style yang lain, bisa gunakan salah satu model yang ada di SmartArt  style Hasilnya terlihat seperti di bawah ini :
B.    Macam – macam SmartArt
1.    Organization Chart Tool
Organization Chart Tool adalah Suatu Program yang digunakan untuk Nunjukkan hubungan hirarkis Contohnya seperti Struktur Organisasi di bawah ini :
2.    Cycle Diagram
Chicle Diagram adalah Suatu Program yang digunakan untuk Nunjukkan suatu proses dengan suatu berlanjut, Contohnya Permasalahan Terbesar yang dihadapi Negara Indonesia di bawah ini
3.    Radial Diagram
Radial Diagram adalah Suatu Program yang digunakan untuk Nunjukkan hubungan suatu unsur inti, Contohnya seperti di Bawah ini : 
4.    Piramid Diagram
Piramid Diagram adalah Suatu Program yang di gunakan Dulu Untuk  menunjukkan yayasan/pondasi- didasarkan hubungan, Contohnya sebagai berikut di bawah ini :
Pola Belajar Anak – Anak
5.    Venn Diagram
Venn Diagram adalah Suatu Program yang di Gunakan untuk Nunjukkan area tumpang-tindih antara suatu data dengan data yang lain , Contohnya Seperti di Bawah ini :
Jumlah Pengangguran di Indonesia / Tahun
6.    Target Diagram
Target Diagram adalah Suatu Program yang  digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah ke arah keberhasilan , Contohnya Seperti di Bawah ini :
                                                                           Bab II
                                                                           Grafik
A.    Grafik
Grafik  adalah  gambar-gambar yang menunjukkan data berupa angka secara visual (mungkin juga dengan simbol-simbol) serta biasanya berasal dari tabel-tabel yang telah dibuat (Supranto, 2000). Walaupun angka-angka yang disajikan melalui grafik kurang teliti dibandingkan dengan tabel, namun grafik dapat membantu untuk mengambil kesimpulan yang cepat. Grafik garis digunakan untuk menyajikan data yang berbentuk tren, sehingga dapat diperoleh gambaran mengenai perkembangan suatu obyek tertentu atau lebih
B.    Macam – Macam Grafik
1.    Grafik Kolom (Stacked Column Chart).
Grafik Kolom (Stacked Column Chart) adalah Grafik ini dikenal dengan grafik kolom bersusun, baik bersusun ke atas maupun ke samping. Dengan setiap deret data pada suatu kolom akan diwakili dengan warna tertentu, sedangkan warna lain akan diwakili dengan tertentu pula, posisi grafik mengarah ke atas atau vertical. Fungsinya untuk mengilustrasikan hubungan antar item.

 Data Nilai Moch Encep Abdul Kholik
  Semester 1 Sampai Semester 3   
2. Grafik garis (line chart).
Grafik garis (line chart) Grafik ini digunakan untuk menggambarkan nilai masing-masing deret data dalam bentuk garis pada sebuah baris. Fungsinya untuk menunjukkan data pada rentang waktu tertentu. Ada 2 model grafik, yaitu: 2D dan 3D. Contohnya seperti di bawah ini :

                                                                    Data Nilai
                                                             Encep, Haidar , Anita dan Lusratu 
3.    Grafik kue (pie chart).
Grafik kue (pie chart) Grafik ini digunakan apabila ingin mendapatkan grafik dalam bentuk kue (lingkaran) dari sebuah deret data tunggal. Fungsinya menunjukkan bagaimana point data berhubungan dengan keseluruhan data , Contohnya seperti di bawah ini:
4.    Grafik batang (bar chart).
Grafik batang (bar chart) Grafik batang digunakan untuk membandingkan nilai antar deret dalam bentuk grafik batang dengan beberapa model (silinder, kerucut, dan piramid) dengan posisi horizontal. Contohnya seprti di bawah ini :
5.    Grafik area (area chart).
Grafik area (area chart) Grafik ini lebih dikenal dengan grafik atau diagram wilayah, grafik ini dipilih untuk menggambarkan deret data sebagai garis komulatif dengan tampilan gambar berbentuk garis yang bertumpuk. Fungsinya untuk menunjukkan perubahan nilai relatif pada suatu periode waktu Ada dua pilihan model grafik jenis area, yaitu: model 2 dimensi dengan 3 dimensi yang masing-masing memiliki 3 pilihan jenis lagi. Contohnya Seperti di bawah ini: 

Daftar Penjualan
Pasir Besi / Tahun
6.    Grafik XY (Scatter Chart).
Grafik XY (Scatter Chart). menggambarkan pasangan titik (kordinat) sehingga bentuk grafiknya berupa titik-titik yang tertebar. Fungsinya untuk menunjukkan hubungan antarpoint data dengan memplot titik pada grafik, biasanya digunakan dalam analisis data ilmiah. Ada 5 jenis pilihan model grafik jenis ini.  Contohnya Seperti di bawah ini :
7.    Grafik saham (stock chart).
Grafik saham (stock chart) Grafik saham lebih menggambarkan informasi tentang saham harian, yang meliputi harga saham pada waktu pembukaan, penutupan harga tertinggi dan terendah, serta volume dalam bentuk diagram batang. Ada 4 jenis pilihan model grafik saham. Contohnya seperti Berikut :
Data Nilai
Saham PT. Vitoni Putra
8.    Grafik permukaan (surface chart).
Grafik permukaan (surface chart).  Grafik ini untuk menggambarkan deret data dalam dua dimensi, sebagai garis di dalam grid dan mewarnai permukaan antar garis. Contohnya seperti di bawah ini :
    Daftar Renthal    
Mobil, Motor dan Kapal PT. Vitoni Putra
9.    Grafik donat (doughnut chart).
Grafik donat (doughnut chart) Grafik donat untuk menggambarkan nilai deret data yang masing-masing diwakili oleh sebuah segmen berbentuk cincin. Fungsinya menunjukkan bagaimana point data berhubungan dengan keseluruhan data, tapi untuk lebih dari satu seri data. Contohnya Seperti di bawah ini :
10.    Grafik gelembung (buble chart).
Grafik gelembung (buble chart).  Grafik gelembung menggambarkan deret data dalam bentuk lingkaran yang menggelembung, tang besarnya sesuai dengan nilai masing-masing datum. Contohnya Seperti di Bawah ini :
11.    Grafik radar (radar chart).
Grafik radar (radar chart).  Grafik ini menggambarkan nilai deret data menggunakan sumber nilai yang ditarik dari pusat diagram dan terpisah untuk setiap kategori. Fungsinya menunjukkan perubahan pada titik pusat. Contohnya seperti di bawah ini :
Daftar Penjualan  Mobil dan Motor
PT. Vitoni Putra
                                                                      BAB III
                                                                    PENUTUP
Sekian persentasi tentang SmartArt dan Chart dari kelompok 5 , Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua untuk lebihmengetahui dan memperdalam materi SmartArt dan Char dan Juga dapat di realisasikan dalam kehidupan sehari – hari .  Kelompok 5 mengucapkan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselesaikannya materi ini .  mohon maaf bila ada salah kata atau penulisan harap memakluminya karna kami dalam proses pembelajaran dan kami sadar tida ada manusia yang sempurna di dunia ini kalaupun ada kami yakin itu bukan kami , tapi kami berusaha untuk menjadi yang terdepan dan terbaik untuk kelompok kami.

               “exploiting your time for the activity of which are positive and
                   give best for the almamater of your :) ”

wabillahi taupik walhidayah wassalamualaikum Wr.Wb

Sumber – Sumber :
http://google.com
http://wikipedia.com
http://mochencepakh.blogspot.com
www.webkomputer.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar